Oleh: Shofiatul Fajriyah | Desember 10, 2011

FORMULASI SEDIAAN KOSMETIKA ALAMI LUXURIOUS HAND OIL

Pada Kondisi kulit tertentu, pelembapan diperlukan oleh kulit untuk mempertahankan struktur dan fungsinya. Berbagai faktor baik baik dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh dapat mempengaruhi struktur dan fungsi kulit tersebut, misalnya udara kering, sinar matahari terik, angin keras, umur lanjut maupun penyakit kulit

Oleh faktor-faktor tersebut, kulit dapat menjadi lebih kering akibat dari kehilangan air oleh penguapan yang tidak kita rasakan. Secara alamiah kulit telah berusaha untuk melindungi diri dari kemungkinan ini, yaitu dengan adanya tabir lemak di atas kulit. Namun dalam kondisi tertentu faktor perlindungan alamiah (natural mousturizing factor/NMF) tersebut tidak mencukupi dan karena itu dibutuhkan perlindungan tambahan yaitu dengan memberikan kosmetika pelembab kulit

Umumnya kosmetika pelembab terdiri dari berbagai minyak nabati, hewan maupun sintesis yang dapat membentuk lemak permukaan kulit buatan untuk melenturkan lapisan kulit yang kering dan kasar, dan mengurangi penguapan air dari sel kulit namun tidak dapat mengganti seluruh fungsi dan kegunaan minyak kulit semual.

Kosmetika pelembab kulit umumnya berbentuk sediaan dalam bentuk cairan minyak tersebut (moisturizing oil) atau campuran minyak dalam air (moisturizing cream) dan dapat ditambah atau dikurangi zat tertentu untuk tujuan khusus.

Dasar pelembapan kulit yang didapat adalah efek emolient, yaitu mencegah kekeringan dan kerusakan kulit akaibat sinar matahari atau kulit menua, sekaligus membuat kulit terlihat bersinar.

Bahan eksotik yang mahal, misalnya minyak mink atau seaweed extract ada yang dimasukkan dalam kosmetika pelembab, hasilnya dalam bidang dermatologi tentu masih diragukan. Namun umumnya harga kosmetika bukan menggambarkan kemampuan kerja kosmetik tersebut karena yang dibeli adalah rasa senang, bau harum, dan image

 

FORMULA

Formula Asli.

Minyak Avocado                            10 ml

Minyak Wortel                                10 tetes

Minyak Evening Primrose         10 tetes

Minyak Jojoba                               10 tetes

Minyak Cendana                              2 tetes

Minyak Lemon                                 2 tetes

Minyak Mawar                                 5 tetes

Minyak Geranium                             1 tetes

Vitamin E (Nature E)                 2 kapsul softgel

Formula hand oil yang dibuat telah mengalami modifikasi dari formula asli karena keterbatasan bahan. Berikut formulanya:

Minyak Zaitun                                10 ml

Minyak Apel                                  10 tetes

Minyak Biji Matahari                      10 tetes

Minyak Jojoba                               10 tetes

Minyak Cendana                              2 tetes

Minyak Lemon                                 2 tetes

Minyak Mawar                                 5 tetes

Minyak Frangipane                        1 tetes

Vitamin E (Nature E)                      2 kapsul softgel

CARA KERJA

    1. Campurkan Semua bahan yang ada pada formula, aduk hingga homogen dan tercampur semua
    2. Temapatkan pada wadah botol kaca

PEMBAHASAN

Hand Oil yang dibuat termasuk kosmetika pelembab yang berbentuk sediaan cairan minyak (moisturizing Oil). Sediaan ini terdiri dari Minyak nabati, minyak atsiri dan Vitamin. Minyak nabati atau Minyak Tumbuhan digunakan sebagai basis dalam sediaan ini.Basis ini termasuk basis berminyak (Oleaginous). Basis ini bersifat melunakkan lapisan kulit (emollient) karena occlusive (meninggalkan lapisan dipermukaan kulit) sehingga akan meningkatkan hidratasi kulitdengan menghambat penguapan air pada lapisan kulit. Bahan inilah yang memberiakan moizturizing effect pada kulit. Yang termasuk dalam minyak nabati dalam formula ini adalah Minyak zaitun, Minyak Biji Bunga Matahari, dan Minyak Jojoba. Minyak-minyak tersebut merupakan minyak yang tidak menguap (nonVolatile oli) dan biasanya mengandung asam-asam lemak esensial.

Minyak zaitun merupakan minyak tumbuhan yang bersifat emolient. Minyak zaitun adalah antioksidant yang baik dan merupakan bahan moisturising yang baik dalam kosmetik. Dalam uji joba pada hewan, penggunaan minyak zaitun secara topikal dapat melindungi kerusaka kulit akibat paparan sinar UVB. Penggunaan Virgin Olive Oil setelah sunbathing dapat mereduksi atau memperlambat proses kanker kulit akibat paparan sinar UVB (Gallardo dkk, 2005)

Minyak jojoba merupakan emolien dan tidak berbau tajam. Minyak jojoba menyerupai konstituen lemak dalam kulit. Tidak seperti minyak tumbuhan lain, Minyak jojoba secara kimia sangat mirip dengan sebum manusia. Minyak ini cocok untuk kulit kering dan menjadikan kulit tersebut terasa dan terlihat lembab. Minyak Jojoba relatif lebih stabil bila dibandingkan dengan minyak tumbuhan lain. Minyak Jojoba mempunyai Indeks Stabilitas Oksidatif sebesar 60, hal tersebut berarti lebih stabil dari safflower oil, canola oil, almond oil dan  squalene. Dalam formulasi kosmetik, minyak jojoba dapat menggantikan minysk ikan paus, setil alkohol dan spermaceti.

Minyak bunga matahari diambil dari biji bunga matahari (Heliantus annus). Setiap 100g miyak bunga matahari mengandung Vitamin E 49mg. Dalam aromaterapi minyak bunga matahari digunakan sebagai minyak carrier (pembawa) minyak atsiri. Sifatnya sangat mudah diserap oleh tubuh dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Kaya akan kandungan Vitamin E sehingga sangat baik untuk menghaluskan kulit terutama kulit kering.

Selain digunakan Minyak tumbuhan, dalam formula ini digunakan minyak atsiri yang volatile. Minyak ini berfungsi sebagai fragrance atau pemberi aroma yang menyenangkan bagi pengguna. Hal ini perlu karena sediaan ini digunakan pada tangan. Selain itu, minyak-minyak atsiri mempunyai fungsi-fungsi tersendiri yang berguna bagi kulit. Minyak-minyak tersebut adalah Minyak apel, minyak cendana, minyak lemon, minyak frangipani, dan minyak mawar.

Minyak Apel selain sebagi fragrance berfungsi sebagai antioksidan.Apel mempunyai kadar polipenol jauh lebih tinggi daripada buah per dan peach. Kadar polipenol total yaitu 1,2 + 0,12g tiap 100 g apel. Caffeat, p-cumaric dan asm ferulat serta nilai total radical-trapping antioxidative potential (TRAP) pada apel lebih tinggi signifikan daripada buah per dan peach (Leontowicz, 2002).

Minyak Cendana yang digunakan dalam kosmetik selain digunakan sebagai fragrance, minyak tersebut mempunyai efek moisturizing, astringen, dan antiseptik. Minyak ini direkomendasikan untuk kulit yang kering, kulit pecah, dan menua, dapat dicampur dengan minyak tumbuhan dalam sediaan body oil. Para ilmuwa memukan bahwa minyak cendana jika diaplikasikan secara topikal bersifat non iritasi, non tokxic, dan non sensitizing. Minyak cendana dapat membuat kulit nyaman karena memberikan efek dingin pada kulit.

Minyak Frangipane mempunyai bau yang eksotik. Selain itu Minyak ini mempunyai nourishes effect (menutrisi) dan melembutkan wilayah kulit yang kering. Minyak ini juga mempunyai moisturizing effect dan memperbaiki kulit.

Minyak lemon kandungan utamanya terpene hydrokarbon. Efek utama minyak lemon pada kulit adalah antiseptik. Lemon dalam kosmetika biasanya digunakan merawat jerawat, memutihkan kulit dan menghambat pembentukan melanin. Minyak lemon secara tradisional digunakan untuk keperluan aromaterapi, serta  telah ditemukan bahwa minyak lemon dapat meningkatkan resistensi terhadap oksidatif stress jika diaplikasikan dalam kulit (Bagchi, 2000).

Minyak mawar kandungan utamanya terpen alkohol (citronellol). Dalam aromaterapi minyak mawar merupakan fagrance yang baik, yang bersifat menstabilkan, menguatkan, dan memperbaiki sistem syaraf. Mawar dalam kosmetik berfungsi sebagai nourishing skin. Nourishing berarti tidak memberi makan kulit tetapi hanya untuk lubrikasi, mengurangi hilangnya kelembapan kulit dan tidak menghilangkan kerut secara permanen. Minyak mawar cocok untuk kulit yang mature, kering dan sensitif.

Vitamin yang digunakan pada sediaan Hand oil ini adalah Vitamin E. Vitamin E jika digunakan secara topikal dapat sebagai antioksidan sehingga mengurangi kejadian erytrema, photoaging, photocarcinogenesis, edema, dan kulit hypersensitivitas akibat pemaparan sinar UVB. Setelah berjemur di bawah terik matahari, penggunaan kosmetika yang didalamnya mengandung Vitamin E dapat menurunkan memperlambat proses kanker kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UVB. Vitamin E sangat potensial jika dalam sediaan kosmetik karena sebagai anti aging topikal karena aktivitas antioksidanya yang kuat (Gallardo dkk, 2005). Vitamin E dipercaya dapat mengurangi kulit yang kasar, kulit yang keriput dan garis-garis pada muka (Chiu dkk, 2003). Vitamin E dapat melawan photoaging yang dibuktikan pada beberapa hewan dan beberapa model kulit secara in vitro (Mayer, 1993)

Dari hasil yang diperoleh adalah sediaan Hand Oil yang jernih dan berminyak. Jika digunakan akan meninggalkan lapisan minyak pada kulit. Hand Oil ini memiliki aroma yang unik. Sediaan Hand Oil ini berfungsi untuk melembabkan kulit tangan agar terhindar dari kekeringan. Tangan merupakan bagian tubuh yang sering kontak dengan udara luar, sengatan sinar matahari dan udara kering. Sehingga diperlukan zat pelembab dan pelindung pada kulit tangan. Hand oil ini memiliki efek emolient, moisturizing, dan  antioksidant.

KESIMPULAN

    1. Formula Luxurious Hand Oil terdiri atas Minyak Tumbuhan, Minyak atsiri, dan Vitamin E
    2. Hand Oil digunakan pada tangan, cocok untuk kulit kering
    3. Hand Oil mempunyai efek moisturizing (melembabkan) pada kulit dan bersifat emolien————————————————————————-
      *Dokumentasi Laporan Praktikum Kosmetika Alami…
      tertanggal 17 Desember 2007
      with the team (lupa sapa aja ^^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: